Hidroponik adalah teknik budidaya tanaman dengan memanfaatkan air dan tidak menggunakan tanah (humus) sebagai media tanam atau soilles. Nama lain dari hidropnik adalah soilless culture atau teknik budidaya tanaman tanpa tanah. Dengan teknik hidroponik dapat mempermudah dalam pengendalian hama, penyakit dan efek pencahayaan yang sering dialami oleh tanaman.

Minggu, 11 Maret 2018 program studi biologi mengadakan pelatihan dasar hidroponik dan aquaponik yang dibuka untuk umum danjuga mahasiswa. tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengenalkan sistem bercocok tanam dengan menggunakan sistem hidroponik dan aquaponik yang sedang banyak dibicarakan kala itu, karena keunggulan diantaranya hasil tanam yang kaya akan nutrisi dan tanpa peptisida, teknik perawatan yang mudah, dan tidak memerlukan lahan yang luas.

Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa unipa, dosen, dan mahasiswa dari unesa. Dengan diadakannya kegiatan ini diharapkan peserta dapat mengaplikasikan apa yang telah diberikan sebagai salah satu upaya untuk mengurangi tingkat penggunaan peptisida pada perkebunan, karena penggunaan peptisida yang berlebihan dapat meracuni kehidupan yang ada disekitarnya baik tanah, udara maupun air sehingga mengganggu rantai makanan pada lingkungan tersebut.

 

 

Leave a Comment